Buku Penilaian Berbasis HOTS - RUANG LITERASI

Terbaru

Cari Blog Ini

Jumat, 02 November 2018

Buku Penilaian Berbasis HOTS

Peran  guru  profesional  dalam  pembelajaran  sangat  penting  sebagai  kunci  keberhasilan belajar peserta didik dan mengahsilkan lulusan yang berkualitas. Guru profesional  adalah guru yang kompeten dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran yang baik  dan  efektif  sehingga  dapat  menghasilkan  peserta  didik  yang  pintar  dan  pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan kualitas pembelajaran sebagai komponen yang menjadi  fokus  perhatian  pemerintah  pusat  maupun  pemerintah  daerah  dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kualitas lulusan peserta didik.
Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher  Order  Thinking  Skill  (HOTS)  merupakan  program  yang  dikembangkan  sebagai upaya  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  melalui  Direktorat  Jenderal  Guru  dan Tenaga Kependidikan  (Ditjen  GTK)  dalam  upaya  peningkatan  kualitas  pembelajaran  dan meningkatkan  kualitas  lulusan.  Program  ini  dikembangkan  mengikuti  arah  kebijakan Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  yang  pada  tahun  2018  telah  terintegrasi Penguatan  Pendidikan  Karakter  dan  pembelajaran  berorientasi  pada  Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Peningkatan kualitas peserta didik  salah satunya dilakukan  melalui  peningkatan kualitas pembelajaran  yang  berorientasi  pada  keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi.  Kualitas pembelajaran  juga  perlu  diukur  dengan  penilaian  yang  berorientasi  pada  Keterampilan Berpikir  Tingkat  Tinggi  atau  Higher  Order  Thinking  Skill  (HOTS).  Sejalan  dengan  hal tersebut,  maka  diperlukan  sebuah  buku  pegangan  guru  yang  memberikan  keterampilan penilaian  pembelajaran  yang  berorientasi  pada  keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penilaian yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.
Dengan  adanya  Buku  Pegangan  Penilaian  Pembelajaran  Berorientasi  pada  Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan dapat menjembatani pemahaman para guru dalam hal penilaian pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga
Kependidikan,
Dr. Supriano, M.Ed.
NIP. 196208161991031001

Isi buku selengkapnya silakan klik di sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar