Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka - RUANG LITERASI

Terbaru

Cari Blog Ini

Jumat, 04 Agustus 2023

Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

 Dalam konteks Kurikulum Merdeka, capaian pembelajaran merujuk pada tingkat pencapaian atau hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran yang dilakukan. Capaian pembelajaran menetapkan standar kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran tertentu.

Dalam Kurikulum Merdeka, capaian pembelajaran dikembangkan dengan berfokus pada pengembangan potensi dan bakat peserta didik secara holistik. Tujuan utamanya adalah membebaskan potensi kreatif dan inovatif siswa, serta menghasilkan individu yang berdaya saing, berakhlak mulia, dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Pengertian capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dapat diuraikan sebagai berikut:

Holistik: Capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka mencakup berbagai aspek perkembangan peserta didik, seperti kognitif, afektif, dan psikomotor. Hal ini berarti pembelajaran tidak hanya terfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada pengembangan karakter, emosi, kreativitas, dan keterampilan.

Kontekstual: Capaian pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan realitas masyarakat, daerah, dan budaya setempat. Kurikulum Merdeka memperhatikan konteks sosial, ekonomi, dan budaya peserta didik agar pembelajaran lebih relevan dan bermakna bagi mereka.

Kolaboratif: Capaian pembelajaran mengedepankan pembelajaran berbasis kolaborasi dan interaksi antara peserta didik, guru, dan lingkungan belajar. Kolaborasi ini dapat berupa kerja sama dalam proyek, diskusi kelompok, dan aktivitas kooperatif lainnya.

Pembelajaran Berbasis Proyek: Capaian pembelajaran diimplementasikan melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek, di mana peserta didik mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan dalam konteks nyata untuk menciptakan solusi kreatif terhadap masalah atau tugas tertentu.

Self-Directed Learning: Capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar mandiri, yang mampu mengatur dan mengelola pembelajaran mereka sendiri serta mengambil inisiatif untuk mencari pengetahuan di luar lingkungan sekolah.

Penilaian Autentik: Capaian pembelajaran dinilai secara holistik melalui penilaian autentik, yaitu evaluasi yang mencerminkan situasi atau tugas di dunia nyata dan melibatkan penggunaan pengetahuan dalam konteks yang relevan.

Pencapaian Beragam: Capaian pembelajaran memberikan kesempatan bagi peserta didik dengan beragam bakat dan minat untuk berkembang dan menunjukkan prestasi sesuai dengan potensi dan kemampuan mereka.

Dengan demikian, capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka berorientasi pada pengembangan komprehensif peserta didik yang lebih mandiri, kreatif, dan berdaya saing dalam menghadapi tantangan masa depan.





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar